Komputer hidup tapi tidak ada respect apapun



ini berawal dari pengalaman temen gue di kantor punya PC hidup tapi tidak ada respect apapun di monitor atau bunyi beep di PC akhirnya saya suruh bawa PC kekantor untuk di utak atik.
Ternyata setelah saya bongkar dan saya cek saya mulai curiga pada bagian transistor pada mainboar. ada tiga transistor yang mati ditandai dengan warna yang berbeda disekitar kaki transistor yaitu agak gosong setelah saya ganti transistor yang baru dan lepas dengan solder bisa hidup lagi. pengalam ini juga terjadi pada temenku yang lain tapi pada bagian capasitornya. yaitu menggelembung/hamil setelah diganti capasitornya bisa hidup lagi seperti semula.
kesimpulan :
apabila anda mempunyai PC yang mempunyai gejala diatas periksa terlebih dahulu pada bagian mainboard bongkar mainboard dari Cassing cek dan lihat apakah terjadi kerusakan pada Capasitor/transistor atau komponen yg lainnya. anda bisa mulai belajar jadi tukan service mainboard sendiri.
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...