Ads by BuzzCity

Server DNS Speedy Paling Cepat dan Tepat

Dalam tulisan ini kita akan praktek mencari DNS Speedy mana yang paling ideal dipasang di router/server kita.

Catatan Ini masih berkaitan dengan posting sebelumnya. Setelah cerita saya tentang dial Speedy via Router Mikrotik, ternyata episode Speedy kita masih berlanjut. Kali ini ada masalah pada stabilitas koneksi produk andalan Telkom ini. Proses dial via router mikrotik sudah cepet seperti harapan. Tiap kali koneksi drop mikrotik langsung dial. Namun sayangnya grafik kecepatan transfernya aneh, ga se-stabil ketika dial via modem. Bukannya langsam, ini malah naik turun ga jelas. Nge-ping dari router Mikrotik ke Yahoo aja ga jarang timeout ga jelas gitu… Lebih jelasnya mari kita lacak lagi bareng-bareng..

Tersangka pertama peristiwa ini jatuh pada koneksi LAN dan atau instalasi mikrotik. Namun setelah dioprek-oprek beberapa kali jatuhnya sama aja, bahkan setelah saya konfirm ke forum dan baca-baca blog sebelah.

Dugaan berikutnya mengarah pada DNS speedy. Setelah bolak balik buku primbon DNS yang pernah dikasih temen, akhirnya saya temukan beberapa deretan angka DNS.
Untuk memastikan, saya cek IP DNS yang muncul ketika dialup dilakukan via modem pake nslookup. Hasil penelusuran IP 202.134.1.10 menunjukkan bahwa IP ini milik nssby1.telkom.net.id, DNS server Telkom Surabaya. selanjutnya saya kepikiran cari DNS Server yang lebih dekat dengan posisi saya, saya coba cari dengan kata kunci nssmg1.telkom.net.id, akhirnya ketemu IP 203.130.208.18. Pencarian demi pencarian mengarahkan saya ke beberapa IP keluarga telkom berikut ini:
202.134.0.155 nsjkt1.telkom.net.id
202.134.0.62 dns1.telkom.net.id
203.130.196.5 dns2.telkom.net.id alias nsjkt2.telkom.net.id
202.134.1.10 nssby1.telkom.net.id
203.130.208.18 nssmg1.telkom.net.id
Ada banyak sumber tulisan posting di web tentang IP DNS. Ada yang bilang DNS Jakarta 202.134.0.155 yang paling cepet. Beberapa sumber lain mengatakan hal yang berbeda. Bahkan ada yang merekomendasikan IP DNS non-speedy, atau dengan kata lain DNS Server milik perusahaan lain. Untuk hal ini saya kurang setuju, baik dari segi legalitas, maupun kecepatan (setelah melalui proses cek).
Kalaupun pengen pake DNS luar, mending pake OPENDNS yang lumayan cepet dan memang benar-benar gratis. Saya sendiri pakai DNS ini di sisi klien sebagai secondary DNS, tentu dengan primary-dns tetep pake punya speedy. Sekedar sebagai backup, hasilnya cukup lumayan. Meski lebih lemot dari IP Telkom, OpenDNS jarang mengalami time-out. Berikut IP OpenDNS yang saya maksud:
208.67.220.220
208.67.222.222
Kembali ke DNS Speedy, selanjutnya saya lakukan test ping dan traceroute beberapa IP di atas. Setelah beberapa rangkaian test, hasil yang paling optimal saya dapat dari server berikut, berurutan dari yang paling cepat ke yang paling lambat.
Semarang 203.130.208.18
DNS1 202.134.0.62
Surabaya 202.134.1.10
Kesimpulan sementara saya adalah bahwa DNS yang paling optimal dipakai adalah DNS yang posisi geografisnya lebih dekat dengan posisi kita. Saya langsung teringat pada pernyataan petugas instalasi speedy dari telkom yang menyatakan bahwa hasil kecepatan tiap klien speedy bervariasi. Salah satunya dipengaruhi faktor instalasi jaringan dan konektivitas dengan server.
Jika ini benar, berarti pada dasarnya tidak ada DNS yang lebih cepat dari yang lain. Yang ada adalah DNS yang paling tepat diterapkan pada kondisi tertentu, sesuai dengan lokasi klien speedy dan kualitas jaringan.
Akhirnya, saya bisa kasih rekomendasi untuk tidak memakai standar orang lain untuk koneksi Anda. Standar orang lain hanya berlaku jika posisinya sama dengan posisi Anda dan kualitas instalasi dan konektivitas Anda minimal sama, atau lebih baik. Jika pengen optimal, lakukan sendiri cek dengan nslookup dan ping ke beberapa IP DNS. Pilih yang terbaik bagi koneksi Anda sendiri..
Bagaimana? Sepakat? Sekedar referensi, berikut ini saya tambahkan koleksi DNS yang patut Anda coba.
Service provider: Google
* 8.8.8.8
* 8.8.4.4
Service provider: ScrubIt
* 67.138.54.100
* 207.225.209.66
Service provider: dnsadvantage
* 156.154.70.1
* 156.154.71.1
Service provider: OpenDNS
* 208.67.222.222
* 208.67.220.220
209.244.0.3
209.244.0.4
Service Provider:  OpenNIC
AU 58.6.115.42
AU 58.6.115.43
AU 119.31.230.42
BR 200.252.98.162
DE 217.79.186.148
FR 82.229.244.191
US 216.87.84.211
US 2002:d857:54d2:2:20e:2eff:fe63:d4a9
US 2001:470:1f07:38b::1
US 66.244.95.20
US 2001:470:1f10:c6::2
141.211.125.17
141.211.144.17
198.77.116.8
198.77.116.12
198.77.116.221
198.77.116.223
198.77.116.225
198.77.116.227
205.171.2.65
205.171.3.65
141.211.144.15
Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...