Ads by BuzzCity

Arti dari ORI, OEM, ODM dan KW

ORI = Original atau Genuine



-ORI diambil dari kalimat ORIginal (Asli) yang artinya Barang atau produk Keluaran Pabrikan atau Vendor Resmi dan masih tersegel rapih. dan untuk hal diluar hardware biasanya dipakai kata genuine. contohnya Software Genuine

Spoiler for Sopware ndak Genuine:
ampun gan ternyata ndak genuine hammer




kadang juga dipakai dalam hal fashion seperti "Leather Genuine". dan biasanya (tidak semua) barang barang berkategori Ori atau Genuine penjualanya disertakan dengan "Garansi resmi" sesuai dengan Brand barang tersebut atau distributor barang tersebut.

Spoiler for Kartu Garansi:




ada juga beberapa barang genuine penjualannya disertai dengan sertifikat keaslian barang yang dikeluarkan oleh vendor barang tersebut.

Spoiler for Genuine Certificate or Waranty:






OEM ( Original Equipment Manufacturer )=VAR (value added remarketers)=ISO (independent sales organization)

Suatu perusahaan yang memproduksi dan menjual barang atau produknya kepada penjual lain untuk dipasarkan. Kadang-kadang si penjual kedua juga disebut sebagai OEM. Penjual kedua umumnya memberikan nilai tambah pada produk-produk tersebut dengan memberikan label ataupun menggabungkannya dengan produk-produk yang mereka buat sendiri. kadang penjual kedua hanya membeli produk paling vital dari sebuah barang seperti membeli chip saja terus dipasangkan pada hardware buatanya sendiri dll



Penjual merakit untuk dijual sbg merk sendiri, atau dijual dengan merk aslinya (beli lisensi). --> Yg melakukan OEM biasa disebut ECM/EMS (Electronic Manufacturing Services) .

Membeli secara OEM solusi termurah sebuah perusahaan yaitu outsourcing, hampir semuanya seperti ini. Beli hardware dari berbagai merk pabrikan, lalu dirakit menjadi sebuah merk baru/asli untuk dijual. Dengan OEM, cost yg direduksi banyak banget, misalnya R&D... OEM bukan hanya hardware, software juga bisa disebut OEM. Bahkan Windows yg anda beli mungkin diproduksi secara OEM bersama pabrikan Komputer (PC).

contoh: yah, hampir semuanya dah... termasuk Laptop kebanyakan.

misal, bongkar aja salah satu Henpon anda, lihat dalamnya. Chipset, CPU, PGA dsb buatan mana aja?



nah untuk dunia software begini penjelasannya

jika anda membeli seperangkat komputer bermerk, sebut saja merk IBM, di dalamnya sudah terisi Microsoft Windows XP beserta dengan aplikasinya maka itulah disebut dengan OEM, artinya sistem operasi dan aplikasi merupakan bawaan dari pabriknya. Ini disatukan tentu saja atas perjanjian lisensi dengan pemegang hak software. Misalnya Winzip terinstall di dalamnya maka ada perjanjian antara pihak IBM dengan pihak Winzip. Lisensi OEM mengikat pada hardware bukan pada user atau pemilik, sepanjang sistem operasi dan aplikasi itu tetap dalam komputer tersebut, walaupun komputer itu diperjualbelikan maka lisensi tetap melekat, masalahnya akan muncul jika ada salah satu hardware fital, misalnya hardisk rusak/mati maka lisensi OEM tersebut akan gugur dengan sendiri, jadi lisensi OEM itu melekat pada hardware tersebut. Jika anda memformat hardisk tersebut maka secara umum lisensi akan gugur dengan sendirinya.jadi lebih disarankan kalau mau beli komputer dengan software OEM minta CD nya aja ke distributornya sekalian .

Spoiler for OEM Software:




Biasanya jika kita membeli komputer bermerk/branded akan ditempeli logo Label Sertifikat Keaslian yang biasa disebut dengan COA (Certificate Of Authenticity). Jika anda mempunyai laptop jaman dulu coba balikan laptop anda pada bagian bawah biasanya ada tempelan logo dari Microsoft.
Spoiler for COA Label:




ODM = Original Design Manufacture

pabrikan yg men-design sendiri, dijual untuk perusahaan lain atau dijual dgn merk sendiri.

contoh: HTC, pembuat motherboard PDA yg dipake merk-merk Palm, XDA, HP, Dell, Compact dsb.

Contoh ODM lainnya dari Taiwan adalah Quanta. Dan hampir kebanyakan ODM dunia henpon dan komputer banyak yg dari Taiwan (terbesar di Asia .) Bahkan China juga punya ODM.



KW...



gini gan mungkin ini

KW=kwalitet? kwalitas? grade sih maksudnya. jadi level perbedaan antara barang aslinya. misal KW 1 perbedaanya sangat sedikit dengan aslinya. KW2 sudah lebih tinggi perbedaan dari barang aslinya dan seterusnya.



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10079972

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...